Cara setting custom url blogger permalink

on 2001-03-11 di 08.42 5

Custom url blogger permalink
Custom url blogger permalink
MasterGoogle.com mengatakan jika on-page SEO memiliki peran untuk recover dari Google panda update selain setting Google robot.txt secara cermat. Memang meskipun bukan sebagai faktor utama dan pertama dalam kesuksesan SEO sebuah blog, on-page SEO juga perlu mendapat perhatian bagi blogger maupun webmasters. Hal ini terlebih bagi blogger yang menggunakan blog berplatform blogspot seperti kita-kita ini (...hehe). Saat ini kita akan membicarakan tentang fitur baru yang dihadiahkan oleh Google untuk pengguna blogspot.com yakni, Custom url blogger permalink.

Masalah Custom url blogger permalink sebenarnya telah diberitakan oleh Google pada press release tanya jawab pada Google help. Namun pada kesempatan ini diposting ulang sekalian memberikan ruang diskusi bagi blogger sekalian untuk berdiskusi tentang plus minus fitur baru yang diberi oleh Google tersebut.

Permalink merupakan permanent link (portmanteau) atau sebuah url yang tertuju pada sebuah halaman blog, forum atau website 2.0. Hal ini untuk memudahkan user maupun search engine dalam menemukan alamat halaman pada sebuah halaman website.

Nah, mengapa url permanent link harus di optimasi? Pada blog berplatform wordpress atau CMS lainnya permalink dapat setting custom url sesuai dengan strategi SEO pemiliknya, sedangkan pada blogspot tidak bisa. Namun hal itu adalah masa lalu dan kini blogspot telah mengijinkan penggunanya untuk dapat melakukan custom url pemanent link. URL link halaman sebuah blog perlu kiranya dioptimasi sesuai dengan keyword yang ditembak atau kata kunci yang diharapkan akan mendatangkan traffik pengunjung serta konversi tentunya.

Pada halaman hasil pencarian Google, GOOGLE SERP salah satu informasi yang disajikan adalah URL permalink sebuah halaman blog/website yang relevan. Jadi ini merupakan sebuah kesempatan bagi pengguna blogspot untuk memperbaiki posisinya pada search engine.

Bagaimana caranya?

1. Pengguna harus menggunakan blogger dashboard new interface terlebih dahulu tentunya.
2. Cari Menu "post setting box" pada navigasi yang telah telah disediakan, pilih custom URL.

Post setting box untuk setting custom url blogspot
Post setting box
3. Selesai dan artikel anda siap di posting.

Fitur baru ini memungkinkan kita tidak bingung lagi dengan url postingan pada blogger yang sangat terbatas dan bahkan tampak kurang SEO friendly. Namun ada sebuah catatan penting, perlu dipertimbankan pula bagi pengguna blogspot jika nantinya masih akan migrasi pada blog berplatform wordpress self-hosting karena hal ini juga akan ribet ketika url-nya tidak secara default. Namun yang terpenting adalah tidak mengubah/custom url permalink disaat artikel sudah di posting karena hal tersebut akan dideteksi oleh Google sebagai broken link.

Terimakasih, Semoga bermanfaat.

On page SEO, SEO blogspot tentang Cara setting custom url blogger permalink.
Rss feed

Add comment 1 komentar

14 Agustus 2012 pukul 10.46

berkunjng gan..
Selamat siank..

Posting Komentar