Cara setting Google robots.txt blogspot lebih SEO friendly

on 2011-02-01 di 09.13 5

Setting custom Google robots.txt untuk blogspot
Google robot
Setting Google robots.txt blogspot merupakan tema perbincangan yang hangat diantara beberapa blogger baik yang telah master maupun pemula (seperti saya). Terdapat dua kutup yang bertolak belakang antara satu sama lain, yaitu mengenai edit robots.txt blogspot yang secara default telah ada pada blog ber-platform blogspot. Dulu, blogspot memang menerima apa adanya file robots.txt secara default yang diberikan oleh Google, tapi kini seiring bertambahnya fitur pada blogger dashboard new interface, Google menyertakan pula fitur editing robots.txt file.

Nah, dimana letak perbedaan diantara beberapa blogger tersebut tentang editing robots.txt blogspot?. Sebagian pihak menganggap robots.txt yang diberikan secara default tersebut telah cukup SEO friendly yang penting telah melakukan submit sitemap ke webmasters tools dengan benar. Akan tetapi sebagian pihak merasa perlu melakukan optimasi pada file robots.txt sehingga Google robot maupun bot search engine lainnya mudah meng-crawling isi blog.

Alasan kedua, bagi pihak yang merasa perlu melakukan setting robots.txt file blogspot adalah pendapat tentang peluang untuk mengoptimasi url labels sehingga terindex dengan baik oleh Google dan Search engine lainnya dan menghindari duplicate meta description pada Google SERP. Hal ini dianggap sebuah kesempatan dan peluang yang disayangkan jika dilewatkan, mengingat selama ini url labels blogspot tidak dapat mengirim web traffic pada blog kita.

Google robots.txt blogspot default

Bagi sobat yang ingin mengetahui file robots.txt blogspot yang digunakan, maka cukup menambahkan /robots.txt pada url blog sobat. dan akhirnya menjadi :

http://blogsobat.blogspot.com/robots.txt

Lantas, copy dan paste pada browser sobat sekalian. maka akan muncul file berformat txt seperti dibawah ini :
robots.txt blogspot default
robots.txt blogspot default

Custom Google robots.txt blogspot

Custom Google robots.txt blogspot dapat dilakukan dengan menuju dashboard blog. Pilih menu search preference, maka akan muncul kotak isian. Isikan file berikut dibawah ini pada kotak isian tersebut.

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:
User-agent: *
Disallow: /search
Disallow: *?*
Disallow: /search/label/*?*
Disallow: /feeds/*
Allow: /search/label/*
Allow: /
Sitemap: http://blogsobat.blogspot.com/feeds/posts/default?orderby=updated&max-results=999

Note : jangan lupa ganti kata "blogsobat" dengan url blog sobat sekalian.

Nah, itu merupakan file custom google robots.txt untuk blogspot. Sedangkan mengenai penjelasan tentang instrumen dan parameter pada file robots.txt tersebut akan dijelaskan pada kesempatan berikutnya.

Semoga bermanfaat memperbaiki kualitas SEO sobat sekalian. Terimakasih

On page SEO, SEO blogspot tentang Cara setting Google robots.txt blogspot lebih SEO friendly.
Rss feed

Posting Komentar