Cara menghindari duplicate meta tag halaman labels pada Google SERP

on 2011-02-15 di 09.33 5

Setting meta tag SEO friendly
Setting meta tag SEO friendly
Meta tag SEO friendly untuk blogspot sudah menjadi suatu hal yang telah dikenal secara familiar oleh segenap blogger nusantara. Kali ini saya mengulas sedikit tentang duplicate meta tag untuk halaman labels sehubungan dengan fitur setting Google robots.txt yang saat ini telah dapat dilakukan pada dashboard blogspot new interface.

Selama ini pecinta blogspot sering menambahkan attribute rel=nofollow untuk link halaman label untuk mencegah penilaian duplicate content oleh Google dikarenakan meta tag description maupun meta title halaman labels yang terindex pada Google SERP sama persis dengan element meta tag halaman homepage sebuah blog.

Memang keputusan mengijinkan Google robot untuk mengindex halaman labels atau tidak itu merupakan keputusan masing-masing webmasters. Bisa iya diijinkan atau pun tidak. Hal itu tergantung pertimbangan masing-masing terkait dengan keyword yang ditembak atau yang diharapkan bisa membawa web traffic dari Google SERP.

Nah, kali ini yang kita bicarakan adalah untuk webmasters atau blogger yang berharap halaman labels blogspot-nya dapat diindex oleh Google dan mampu menaikkan peringkat blog-nya pada halaman satu pencarian Google maupun search engine lainnya.

Jika anda termasuk pihak yang ingin halaman labels blog-nya terindex oleh Google, maka langkah pertama harus melakukan setting robots.txt blogspot terlebih dahulu. Dan, langkah kedua, harus menghapus attribute rel='nofollow' pada semua link halaman labels pada blog, hal ini dilakukan untuk memberikan internal backlink pada link halaman tersebut.

Jika sudah, maka langkah berikutnya adalah membuat meta tag khusus halaman labels yang dibatasi dengan perintah HTML conditional tag seperti dibawah ini :

<b:if cond="data:blog.url != data:blog.homepageUrl">
<b:if cond="data:blog.pageType == &quot;index&quot;">
<title>Artikel kategori tentang <data:blog.pageName/></title>
<meta expr:content='&quot;Kategori artikel yang membahas tentang &quot; + data:blog.pageName + &quot; dan berbagai hal tentang &quot; + data:blog.pageName + &quot; serta manfaatnya&quot;' name='Description'/>
<meta expr:content='&quot;Artikel &quot; + data:blog.pageName + &quot;, &quot; + data:blog.pageName + &quot; tips, &quot; + data:blog.pageName + &quot; tutorial&quot;' name='Keywords'/>
</b:if>
</b:if>


Note : untuk keterangan tambahan yang terdapat pada meta title, meta description dan meta keywords silahkan dioptimasi sendiri sesuai kebutuhan, atau langsung aja copy paste seperti apa adanya.

Setelah meta tag untuk halaman labels tersebut ditambahkan untuk memeriksanya apakan telah berjalan sempurna atau belum silahkan menuju contoh halaman label dan homepage ini. perhatikan title halamannya sudah berbeda atau belum. Dan juga, untuk tiap halaman tersebut lihat source codenya dengan mengetikkan perintah CTRL+U pada browser sobat. Perhatikan apakan meta keywords dan description-nya sudah berbeda atau masih tetap.

Semoga blog sobat semakin ramai dengan bertambahnya url yang diindex oleh Google, yakni url halaman labels.
Terimakasih :D

On page SEO, SEO tips tentang Cara menghindari duplicate meta tag halaman labels pada Google SERP.
Rss feed

Add comment 1 komentar

12 Agustus 2012 pukul 13.11

oke gan, infonya, bisa dicoba ne, nice blog
kunjungi balik gan. thans

Posting Komentar